Pages

Tuesday, March 20, 2012

Partai Nasdem Kuda Hitam di Pemilu 2014

[JAKARTA] Partai Nasional Demokrat (NasDem) menjadi parpol baru yang diperkirakan bakal  menjadi kuda hitam di Pemilu 2014. Dalam penelitian yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), NasDem bakal menjadi pesaing berat parpol papan tengah.   

"Kalau dihitung secara pesimistis dengan minusmargin of error 2 persen,  NasDem setidaknya sudah mendapat 3,9 persen. Tapi kalau NasDem optimistis, NasDem sekarang sudah mendapat dukungan 7,9 persen," kata Direktur LSI, Dodi Ambardi saat menggelar jumpa pers di Kantor LSI, Minggu (11/3).

Dosen Komunikasi Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada ini juga mengatakan, jika melihat pengalaman Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengalami kemajuan pesat sejak didirikan menjelang Pemilu 2004, Demokrat baru mendapat 3 persen dan PKS 4 persen sekitar 6 bulan jelang Pemilu 2004. Sedangkan NasDem sudah mencapai angka lebih baik ketika Pemilu 2014 masih sekitar 2 tahun lagi.   
"Setidaknya NasDem sudah berada di partai papan tengah, padahal pengesahan dari KPU pun terhadap partai ini belum dilakukan," ujar Dodi.   

Dodi melanjutkan, dalam beberapa survei sebelumnya, pada 2010 dukungan NasDem baru 0,3 persen, 2011 sekitar 1,3 persen, dan pada awal Februari 2012 1,6 persen.   

"Sementara ini dukungan NasDem belum banyak menggangu partai-partai yang sudah punya wakil di DPR. Nasdem sejauh ini kelihatannya baru mengumpulkan suara dari pendukung partai-partai lain yang tidak lolos ke DPR dan selama ini terlihat kurang aktif," jelasnya.   

Sementara itu, saat dihubungi wartawan, Ketua Dewan Pakar Partai NasDem, Hary Tanoesoedbjo merasa bersyukur atas hasil survei LSI ini. 

"Dalam waktu singkat Partai NasDem mencapai 5,9 persen dan menempati urutan ke 4 partai terbesar, ini prestasi luar biasa untuk kami," ucapnya. [PR/L-8]

Suarapembaharuan.com

No comments:

Post a Comment