Pages

Sunday, March 25, 2012

Ketua KPU dan Anggota KPU



Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat telah memilih tujuh dari 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum periode 2012-2017 melalui proses voting, Kamis (22/3/2012) malam. Voting dilakukan oleh 53 anggota Dewan.

Tujuh Anggota KPU terpilih itu adalah Sigit Pamungkas (mendapatkan 45 suara), Ida Budiati (45 suara), Arif Budiman (43 suara), Husni K Manik (39 suara), Ferry Kurnia Rizkiyansyah (35 suara), Hadar Nafis Gumay (35 suara), dan Juri Ardiantoro (34 suara).

Adapun calon anggota KPU lain yang kalah dalam perolehan suara adalah Evie Ariadne Shinta Dewi (0 suara), Mohammad Adhy Syahputra Aman (1 suara), Mohammad Najib (3 suara), Zainal Abidin (1 suara), Hasyim Asy'ari (32 suara), Ari Darmastuti (31 suara), dan Enny Nurbaningsih (23 suara).
Proses pemilihan dipimpin oleh Ketua Komisi II Agun Gunanjar. Seluruh suara dianggap sah. Setelah penghitungan suara pemilihan anggota KPU, Komisi II melanjutkan penghitungan suara untuk memilih 5 dari 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu.

Dari ketujuh anggota KPU, Ida Budhiati, mendapat dukungan untuk menjadi Ketua KPU. Selain merupakan satu-satunya perempuan dan memperoleh suara terbanyak, Ida juga dinilai memiliki kemampuan dan pengalaman dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Sebelum menjadi ketua KPU,  Ida juga sudah cukup teruji, karena saat ini ia menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment